Friday, March 27

Cara Menentukan Ukuran Kemeja

Selain memilih warna, model, dan corak kemeja, menentukan ukuran kemeja adalah hal yang paling sering Anda lakukan sebagai seorang pria. Akan tetapi, sering melakukan hal tersebut tidak menjamin seorang pria Anda selalu mulus dalam melakukan hal tersebut. Sering kali masalah muncul setiap harus membeli kemeja baru. Kemeja berbagai ukuran dari berbagai merk telah dicoba, tapi Anda belum menemukan ukuran yang membuat penampilan Anda memukau. Mungkin ada pula sebagian dari Anda yang telah ahli dalam menemukan ukuran kemeja yang tepat. Jika Anda termasuk yang seperti itu, tidak ada salahnya untuk berbagi tips di kolom komentar.

Kemeja yang terlalu akan membuat Anda seperti
muffin saat dimasukkan ke dalam celana.

Bagi yang masih belum menemukan kemeja yang tepat, jangan khawatir karena Anda tidak sendirian. Beberapa sumber mengatakan bahwa sebagian besar pria telah salah memilih ukuran kemejanya. Pada umumnya para pria mengenakan kemeja dengan satu atau dua ukuran di atas ukuran semestinya. Tanpa disadari hal ini ternyata dapat membuat penampilan Anda menjadi kurang profesional. Tentunya Anda tidak ingin terlihat seperti muffin karena kemeja yang kebesaran. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa tips dalam memilih ukuran kemeja yang tepat.

"Beberapa sumber mengatakan bahwa sebagian besar pria telah salah memilih ukuran kemejanya. Pada umumnya para pria mengenakan kemeja dengan satu atau dua ukuran di atas ukuran semestinya. Tanpa disadari hal ini ternyata dapat membuat penampilan Anda menjadi kurang profesional."

Kiri: kemeja yang terlalu besar.
Kanan: kemeja pas badan.
Kemeja yang tepat adalah kemeja yang nyaman saat dikenakan walaupun saat aktif bergerak, tapi juga masih memperlihatkan bentuk tubuh Anda. Biasanya disebut kemeja yang pas badan atau fit. Ada beragam jenis fit, seperti regular fit, slim fit, atau muscle fit. Namun, itu semua akan dibahas di artikel lain. Kemeja yang pas badan bukan berarti kemeja yang ketat hingga membuat Anda begitu kerempeng atau membuat Anda seperti bungkusan lontong dengan kancing-kancing yang ingin segera melompat dari perut Anda. Untuk menemukan ukuran yang pas Anda harus memperhatikan ukuran setiap bagian kemeja yang Anda kenakan. Sebelum melanjutkan artikel ini, ada baiknya Anda mengetahui komponen-komponen dari kemeja pria di artikel “Yang Harus Anda Tahu Tentang Kemeja”.

"Kemeja yang tepat adalah kemeja yang nyaman saat dikenakan walaupun saat aktif bergerak, tapi juga masih memperlihatkan bentuk Anda."

Aturan paling dasar, kemeja yang paling fit dapat ditemukan dengan membuat sendiri di penjahit langganan Anda. Tidak ada yang lebih pas daripada kemeja yang khusus dibuat untuk Anda sendiri. Akan tetapi, tentunya akan menghabiskan dana yang lebih besar. Jika Anda memilih untuk membeli kemeja, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

1. Kerah

Pilih model dan ukuran kerah yang sesuai bentuk tubuh Anda. Untuk ukuran lingkarnya, pastikan kerah menyentuh leher Anda baik saat dikancingkan atau tidak. Saat dikancingkan, coba selipkan satu atau dua jari Anda ke leher. Jika jari Anda bisa masuk, itu ukuran yang tepat.


Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

2. Bahu

Pastikan jahitan bahu melekat tepat di ujung bahu Anda. Jika jahitan bahu jatuh ke lengan bagian atas, artinya kemeja Anda terlalu besar, begitu pula sebaliknya. Ukuran armhole juga harus tepat. Lengan harus terasa nyaman saat digerakkan. Adanya lipatan berarti terlalu kecil dan kemeja yang kebesaran akan meninggalkan sisa bahan di bawah ketiak.


Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

3. Dada

Seperti disebutkan di awal, bagian dada harus melekat tepat di tubuh dengan kancing yang rapi dan placket yang rata. Ukuran yang terlalu besar akan menghasilkan tampakan seperti balon di bagian perut saat kemeja dimasukkan.


Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com


4. Lengan

Kemeja yang bagus memiliki lengan yang lebih kecil di bagian cuff dibanding bagian lengan atas. Jika lengan bagian siku terasa seperti tertarik saat Anda membengkokkan lengan, cari ukuran yang lebih besar. Namun cari ukuran yang lebih kecil jika lekuk lengan Anda tidak terlihat atau terdapat sisa bahan yang terlipat turun ke bawah.


Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com


5. Cuff

Cuff yang tepat dapat dilewati oleh tangan Anda tanpa harus membuka kancingnya, bahkan saat Anda mengenakan jam tangan. Jika cuff terlipat atau menjadi gepeng saat Anda meletankkan tangan di atas meja, cari ukuran yang lebih kecil.


Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com


6. Panjang lengan

Panjang yang tepat jatuh diantara pergelangan tangan dan bagian dasar jempol Anda. Saat mengenakan jas, lengan kemeja harus lebih panjang sekitar 1 cm dari lengan jas. Saat memakai jam tangan, cuff harus menutupi jam saat tangan lurus dan tidak menutupi jam saat tangan dibengkokkan.




Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com
7. Hem dan tail

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah kemeja yang Anda kenakan akan dimasukkan ke dalam celana atau dibiarkan keluar. Kapan Anda harus memasukkan kemeja akan dibahas di artikel lain. Saat dibiarkan menjuntai keluar, ujung kemeja harus benar-benar menutupi ikat pinggang hingga ke bagian tengah risliting celana. Jika seluruh bagian risliting tertutup, ambil ukuran yang lebih kecil.. Saat dimasukkan, kancing yang terbawah harus tetap berada di dalam celana. Jika tidak, kemeja akan mudah keluar saat Anda bergerak. Sebaliknya, jika terlalu panjang akan membuat tampakan seperti balon saat dimasukkan. Cara lain, tail harus berada sekitar 1-2 cm di atas permukaan tempat duduk saat Anda duduk.

Kemeja dengan ukuran yang pas membuat
penampilan Anda lebih memukau.


Memang cukup banyak yang harus diperhatikan dalam memilih ukuran kemeja. Namun, percayalah ukuran yang tepat membuat penampilan lebih professional dan orang lain akan melihat Anda sebagai pria yang tidak malas memperhatikan hal kecil sekalipun.


Jika belum juga menemukan ukuran yang pas untuk semua komponennya, pilih ukuran yang paling mendekati, lalu bawa ke penjahit langganan. Anda akan menambah biaya antara Rp10.000 – Rp20.000, tapi hasil yang didapat tentunya lebih dari itu.



Comments
4 Comments

4 comments:

  1. Gan, bikin dong artikel tentang
    "Tips Pola dan Jahit Sendiri Kemeja SlimFit"

    By the way, thanks untuk artikelnya.

    ReplyDelete