Saturday, April 4

10 Kesalahan Para Pria

Di bawah ini adalah 10 kesalahan yang paling sering dilakukan seorang pria, atau mungkin Anda, dalam berpenampilan. Tidak banyak yang dapat dikatakan untuk semua hal ini, kecuali jangan pernah lakukan semuanya, sekali pun.


1. Kemeja tidak pas
Paling sering adalah kemeja yang terlalu besar. Segera bawa kemeja Anda ke penjahit langganan untuk disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda atau baca artikel “Cara Menentukan Ukuran Kemeja”.




2. Sepatu Kotor
Apalagi sepatu putih, jangan ada noda sedikitpun. Bersihkan sneaker dan semir sepatu kulit Anda secara berkala. Menjaga kebersihan sepatu juga membuat sepatu Anda lebih tahan lama. Cara menyemir sepatu kulit dapat dibaca di sini.








3. Celana tidak pas
Ada banyak jenis potongan celana. Basic, boot-cut, slim, skinny, atau apa pun jenisnya potongan terbaik adalah yang memperlihat bentuk kaki Anda, namun masih ada ruangan untuk bergerak. Sesuai namanya, slim atau skinny fit hanya cocok dengan pria langsing atau kurus. Selain itu, pastikan celana Anda menggantung tepat beberapa jari di bawah pusar. Celana terlalu tinggi membuat Anda lebih pendek dan tua dan tidak ada yang lebih  buruk daripada celana di bawah pinggul.


4. Salah ikat pinggang
Saat penampilan formal, ikat pinggang kulit adalah yang terbaik. Aturan paling sederhana adalah sesuaikan ikat pinggang dengan sepatu. Sepatu kulit dengan ikat pinggang kulit, sepatu hitam dengan ikat pinggang hitam. Satu lagi, jangan pernah menggantungkan apapun pada ikat pinggang.






Ilustrasi dari themodernfit.com


5. Mengancingkan jas/blazer
Selalu kancingkan jas/blazer dengan satu kancing. Kancingkan kancing teratas dan jangan pernah mengancingkan kancing kedua pada jas/blazer dua kancing. Sementara pada jas/blazer tiga kancing, selalu kancingkan kancing tengah dan jangan pernah kancingkan yang paling bawah. Kancing teratas boleh Anda kancingkan. Yang tak kalah penting, buka semua kancing saat Anda duduk.




6. Salah dasi
Hati-hati saat menggunakan dasi bermotif. Aturannya: jangan buat penampilan Anda terlalu ramai. Selalu pasangkan kemeja bermotif dengan dasi polos. Pilih dasi yang tidak lebar (slim) untuk membuat penampilan Anda lebih muda. Yang tidak kalah penting, pastikan dasi Anda jatuh tepat setinggi ikat pinggang





7. Kaos dalam terlihat
Sesuai namanya, kaos dalam tidak seharusnya terlihat dari luar. Jangan ada kaos dalam mengintip dari balik kerah kemeja, apalagi lengan kaos dalam yang keluar dari kemeja Anda. Kaos dalam v-neck adalah yang terbaik. Pilih kaos dalam berlengan untuk melindungi kemeja Anda dari noda keringat. Satu lagi, jangan pernah gunakan kaos biasa sebagai kaos dalam.


8. Membiarkan kemeja keluar
Ini khusus untuk dress shirt. Dress shirt dibuat untuk selalu dimasukkan. Beli kemeja kasual jika Anda ingin mengeluarkan kemeja. Selain itu, jangan pernah biarkan kemeja Anda masuk atau keluar sebagian. Selengkapnya, baca “Kapan Anda Harus MemasukkanKemeja?”.













9. Salah kaos kaki
Jangan pernah pakai kaos kaki putih, kecuali untuk olahraga atau seragam sekolah. Mungkin selama ini Anda sering mencocokkan kaos kaki dengan sepatu. Stop sekarang juga. Sesuaikan warna kaos kaki dengan celana. Tidak harus warna yang sama, cukup sesuaikan. Kaos kaki bermotif atau berwarna cerah dapat membuat penampilan Anda lebih atraktif saat Anda mengenakan pakaian yang polos. Pastikan Anda mengenakan kaos kaki yang cukup panjang. Jangan sampai sebagian kaki Anda terlihat meski Anda sedang duduk.


10. Pakaian kusut
Mungkin ini adalah hal sederhana yang jarang Anda perhatikan. Mulai sekarang setrika dengan rapi kemeja dan celana Anda. Belajar cara menyetrika jika sekarang Anda belum bisa melakukannya.















Itu semua beberapa kesalahan yang sering dilakukan pria. Jika Anda pernah melakukan salah satunya, jangan pernah lakukan lagi, seperti kata pepatah “Hanya keledai bodoh yang jatuh pada lubang yang sama”.



No comments:

Post a Comment