Tuesday, March 17

Cara Menyemir Sepatu Kulit

Sepatu merupakan barang yang setiap hari digunakan oleh pria dalam beraktivitas. Tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai koleksi. Namun, tidak sedikit pula yang malas untuk merawat sepatunya. Masalah waktu menjadi yang paling klasik. Ada pula yang tidak mengerti cara merawat sepatunya, khususnya sepatu kulit. Sepatu kulit yang kotor dan kusam dapat mengganggu penampilan dan orang akan menilai Anda sebagai pria yang tidak bisa merawat barang yang Anda miliki.

Di sini saya akan membahas cara cepat dan mudah menyemir sepatu kulit agar selalu terlihat mengkilap dan seperti baru. Memiliki sesuatu, berarti juga bertanggung jawab untuk merawatnya, apapun itu.
"Memiliki sesuatu, berarti juga bertanggung jawab untuk merawatnya, apapun itu."

Yang Anda butuhkan:




  1. Sepatu kulit
  2. Shoe polish, umumnya berwarna hitam, coklat, atau netral. Kali ini saya menggunakan warna coklat karena sepatu saya berwarna coklat. Selain untuk membuat sepatu mengkilap, shoe polish mengandung lilin yang melindungi sepatu Anda dari air dan debu serta bahan lain yang menutrisi kulit sepatu sehingga membuat sepatu tidak cepat rusak.
  3. Sikat, merupakan peralatan terpenting selain shoe polish. Gunakan sikat yang lembut dan susunan bulunya rapat agar tidak merusak sepatu Anda. Ada dua jenis sikat yang bisa digunakan, sikat dengan bulu sintetis atau bulu hewan asli. Bulu hewan asli lebih baik karena lebih lembut, walaupun sedikit lebih mahal.
  4. Kain lap
  5. Air
  6. Kertas koran, untuk alas agar lantai Anda tidak kotor. Perlu diperhatikan noda dari shoe polish sangat sulit dihilangkan jika menempel di lantai atau pakaian Anda. Anda juga bisa menggunakan sarung tangan jika perlu.
  7. Bola kertas, sebenarnya ini adalah pengganti shoe tree untuk menjaga bentuk sepatu Anda ketika disimpan.
Berikut tahapannya.
  1. Bersihkan segala kotoran atau debu yang terlihat dari sepatu Anda dengan kain lap kering atau sikat.
  2. Ambil kain lap bersih dan bungkuskan ke jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian celupkan ujung jari Anda ke air. Sedikit saja dan tekan kain lap untuk mengeluarkan air dari kain agar kain tidak terlalu basah.
  3. Cocolkan kain lap yang sedikit basah ke shoe polish secukupnya. Kemudian oleskan shoe polish ke seluruh permukaan sepatu kulit Anda. Lakukan dengan gerakan memutar sampai merata. Warna sepatu Anda akan terlihat agak memudar.
  4. Sikat/gosok sepatu setelah semua permukaan terolesi dengan sikat. Ini adalah tahapan terpeting dalam menyemir sepatu. Menyikat sepatu membuat sepatu mengkilap. Lakukan bolak balik dalam satu arah. Lakukan per bagian, mulai dari depan, tepi, lalu belakang sepatu. Semakin cepat Anda menggosok, semakin mengkilap sepatu Anda.
  5. Jika belum puas dengan hasilnya, Anda bisa mengoleskan kembali shoe polish dan mulai menggosok lagi hingga sepatu Anda mengkilap seperti yang Anda inginkan.
  6. Terakhir, simpan sepatu Anda di tempat yang bersih, teduh, dan kering. Gunakan bola kertas atau shoe tree untuk menjaga bentuk sepatu Anda saat tidak digunakan.


 Ini merupakan cara paling sederhana untuk menjaga sepatu kulit Anda agar selalu terlihat bersih, mengkilap, dan tahan lama. Jangan terlalu malas untuk menyemir sepatu paling tidak setiap minggu untuk sepatu yang sering Anda pakai. Jika terdapat noda yang tidak dapat Anda bersihkan, bawalah sepatu Anda ke jasa perawatan sepatu yang mulai banyak tersedia saat ini. 

Dengan sepatu yang selalu mengkilap, Anda tampak lebih profesional dan siap membuat sekitar Anda terkesan.

Comments
5 Comments

5 comments:

  1. mantap gan, kebetulan sepatu kulit ane belum pernah di semir semenjak dibeli haha, nyobain dulu tips nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, silakan rutin dirawat ya sepatunyaa, sayang kalo mahal mahal tapi cepet jadi jeleknya karena kurang dirawat.
      Selamat membaca artikel lainnya :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Sama-sama, baca artikel lainnya juga, semoga bermanfaat :)

      Delete