Saturday, March 21

Apa itu Penyakit Asam Urat?


"Kita tidak akan merasakan betapa berharganya sesuatu sampai kita benar-benar kehilangannya."
Begitu pula kesehatan.

Memasuki usia dewasa, banyak hal yang harus mulai diperhatikan bagi seorang pria untuk menjaga kesehatannya. Pada dasarnya, secara teori menerapkan gaya hidup sehat adalah hal sederhana. Anda cukup menjaga tiga hal, yaitu konsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, dan menghindari stress pikiran. Bagaimana olahraga yang baik dapat dilihat di sini. Secara teori, memang mudah, tapi dalam kenyataanya sering kali kita melupakan itu semua.

Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang penyakit kronik yang sulit disembuhkan dan sering muncul pada pria saat memasuki usia dewasa. Ada banyak penyakit kronik yang mengancam seorang pria, seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes, asam urat, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, kali ini saya akan membahas tentang asam urat, yang mungkin dapat sangat mengganggu aktivitas Anda.


Asam urat atau gout , adalah kumpulan gejala yang timbul akibat adanya endapan kristal urat di jaringan tubuh Anda, pada umumnya pada persendian. Gejala paling umumnya adalah nyeri sendi.

Dari mana endapan itu berasal? Mengapa bisa menimbulkan nyeri sendi?

Endapan kristal pada jaringan tubuh diakibatkan oleh tingginya kadar urat dalam darah (karena darah membawa apa pun ke jaringan tubuh). Keadaan banyaknya urat dalam darah disebut hyperuricemia (hyper- = banyak, uric- = urat, em- = darah, -ia = keadaan). Hyperuricemia dapat disebabkan ole beberapa hal, seperti faktor keturunan, gaya hidup yang buruk, konsumsi alkohol, obesitas, atau bisa juga disebabkan oleh penyakit lain seperti gagal ginjal atau kanker.


Bentuk kristal asam urat seperti jarum yang tajam.

Sebenarnya, urat di dalam darah dapat larut dan tidak menjadi kristal. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak hingga melewati batas, urat akan mengendap menjadi kristal. Jika dilihat dengan mikroskop, kristal asam urat berbentuk seperti jarum dengan ujung-ujung yang tajam. Kristal inilah yang mengendap pada jaringan tubuh, sendi contohnya. Anda bisa bayangkan terdapat jarum-jarum kecil pada sendi Anda, dan saat Anda bergerak, sendi Anda bergesekan dengan jarum-jarum itu. Secara sederhana, itu menjelaskan bagaimana rasa nyeri muncul.




Seperti penjelasan di atas keluhan yang paling sering membuat pasien datang ke dokter adalah nyeri sendi. Oleh karena itu, penyakit ini sering disebut gout arthritis (arthro- = sendi, -itis = radang). Tempat yang paling sering terdapat endapan kristal urat salah satunya adalah sendi pada jempol kaki.

Saat serangan nyeri pertama kali, Anda dapat merasakan nyeri yang sangat hebat, kemerahan pada sendi, sendi terasa panas, bahkan bisa sampai demam atau menggigil sampai tidak bisa berjalan. Serangan pertama biasanya muncul setelah mengonsumsi makan tinggi protein purin, stress, kelelahan, atau efek dari pemakaian obat, seperti antihipertensi dan aspirin. Serangan ini biasanya hilang sendiri tanpa obat selama 3-10 hari dan nyeri biasanya tidak dirasakan lagi sampai beberapa bulan bahkan tahun.








"Saat serangan nyeri pertama kali, Anda dapat merasakan nyeri yang sangat hebat, kemerahan pada sendi, sendi terasa panas, bahkan bisa sampai demam atau menggigil sampai tidak bisa berjalan."

Tofus yang merupakan kumpulan endapan kristal asam urat.

Di sini pasien merasa sudah sembuh dan kembali ke gaya hidup yang tidak sehat. Padahal ini adalah masa di mana kristal tersebut mengendap semakin banyak di sendi Anda. Hingga akhirnya, serangan kembali terjadi, bahkan semakin parah dan semakin banyak sendi yang terlibat. Pada stadium yang paling parah akan terjadi pembengkakan pada sendi yang dinamakan tofus. Tofus dapat pecah dan menimbulkan radang dan infeksi. Pada stadium ini dapat muncul komplikasi seperti batu ginjal atau rusaknya sendi secara permanen.

Jika Anda merasa selama ini gaya hidup Anda kurang baik, segera perbaiki. Jika Anda pria dewasa dengan keluhan nyeri sendi kaki yang tidak seperti biasanya, segera periksakan ke dokter keluarga Anda. Jika mencurigai asam urat, dokter akan melakukan pemeriksaan lain. Darah dan urin Anda akan diambil untuk diperiksa. Dokter juga akan menyedot cairan sendi Anda untuk diperiksa. Selain itu, foto rontgen juga biasa dilakukan. Jika terbukti asam urat, Anda akan diberikan beberapa obat yang harus diminum dalam jangka waktu lama.

Sangat menyeramkan memang jika dibayangkan. Lebih menyeramkan lagi jika ini terjadi pada Anda. Karena asam urat sulit disembuhkan, melawannya dengan pencegahan menjadi pilihan bijak. Jadwalkan medical check-up rutin paling tidak sekali dalam setahun. Jika berat badan Anda berlebih, kurangi berat badan Anda. Jika Anda menderita darah tinggi, konsultasi untuk mendapat obat yang tidak memperparah asam urat Anda.
























Penderita asam urat juga memiliki pantangan untuk beberapa jenis makanan yang mengandung protein ­purin yang tinggi dan dapat memperparah keadaan. Makanan-makanan yang biasa disingkat BENJOL itu, antara lain bayam, emping, nangka, jeroan, otak, dan makanan berlemak. 
Asam urat tidak mengancam jiwa, tapi dapat sangat mengganggu produktivitas seorang pria. Pengobatannya pun butuh jangka waktu lama. Oleh karena itu, pengobatan yang paling baik adalah pencegahan.

Referensi:
Kapita Selekta Kedokteran, Essentials of Medicine edisi IV
Panduan Praktik Klinis bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer edisi I


Comments
2 Comments

2 comments:

  1. wah bener siku tangan ku sering sakit akhir akhir ini terimakasih infomasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete