Thursday, March 19

Sudah Tepatkah Olahraga Anda Selama Ini?


“Apakah Anda rutin berolahraga?” 

“Saya setiap hari jalan kaki ke kantor.”  
“Saya setiap Sabtu futsal bersama teman kantor selama 2-3 jam.”  
“Setiap pagi saya sudah berkeringat setelah menyapu pekarangan rumah.”  
“Saya rutin ke pusat kebugaran tiga kali seminggu.”

Ada banyak cara untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara Anda berolahraga. Olahraga atau exercise adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan, khususnya bagi seorang pria dengan aktivitas yang padat. Olahraga menjaga tubuh tetap bugar, sehat, dan kuat dalam melawan bakteri atau virus penyakit. Dengan tubuh yang bugar seorang pria dapat memaksimalkan potensinya dalam segala aktivitas.

Namun, apakah olahraga yang Anda jalani saat ini sudah tepat untuk menjaga kesehatan Anda? Apakah jawaban-jawaban di atas merupakan olahraga yang baik? Atau Anda masih bertanya-tanya sebenarnya bagaimana olahraga yang benar?


Sebelum membahas tentang olahraga, ada baiknya kita membahas hal yang lebih umum. Olahraga merupakan kata spesifik dari aktivitas fisik. Aktivitas fisik berarti semua gerakan yang membutuhkan energi. Jalan kaki, berlari, menyapu, push-up, menari, berkebun, mencuci piring, dan kegiatan lain yang membutuhkan energi adalah contoh aktivitas fisik.

Sementara itu, olahraga atau exercise adalah salah satu jenis dari aktivitas fisik. Olahraga adalah aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, rutin, dan bertujuan untuk mempertahankan kesehatan atau kebugaran tubuh. Jadi, jika Anda berolahraga, sudah pasti Anda beraktivitas fisik. Akan tetapi, aktivitas fisik belum tentu berarti olahraga.


"Jadi, jika Anda berolahraga, sudah pasti Anda beraktivitas fisik. Akan tetapi, aktivitas fisik belum tentu berarti olahraga."

Lalu, bagaimana olahraga yang benar?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam olahraga. Agar lebih mudah beberapa poin penting tersebut biasa disingkat FITT.

  1. Frequency, buat olahraga menjadi rutinitas dengan frekuensi 3-5 kali/minggu. Berikan jeda istirahat 1-2 hari dalam jadwal olahraga Anda.
  2. Intensity, Anda harus mencapai sekitar 65-75%  dari denyut jantung maksimal Anda dalam tiap agenda olahraga. Denyut jantung maksimal adalah (220 kali per menit) – usia Anda.
  3. Time, agendakan durasi olahraga Anda. Beri waktu 5-10 menit untuk pemanasan, 30-45 menit untuk berolahraga, dan 10-15 menit pendinginan.
  4. Type, ini yang sering tidak diperhatikan. Untuk menjaga kebugaran, dibutuhkan olahraga dengan tipe ritmis, aerobik, dan dinamis. Ritmis artinya memiliki ritme atau pola yang berulang. Jogging, renang, senam, dan bersepeda merupakan beberapa contohnya. Aerobik berarti memerlukan oksigen. Artinya, pilih olahraga yang memberikan Anda kesempatan untuk bernapas dengan lancer. Olahraga yang bukan aerobik adalah sprint dan jenis olahraga lain yang membutuhkan lari cepat. Dinamis artinya menggerakkan banyak otot besar tubuh Anda. Yang tidak termasuk jenis ini adalah catur.

“Lalu, saya harus olahraga yang mana?”

Untuk menjaga kebugaran, olahraga yang direkomendasikan dan paling mudah dilakukan adalah jogging, renang, atau bersepeda. Atau Anda bisa memilih cara lain asalkan memenuhi aturan FITT tersebut. Dan yang tidak kalah penting, selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga juga bisa digunakan sebagai rekreasi untuk menyegarkan pikiran Anda. Sudah banyak pula penelitian yang membuktikan bahwa olahraga dapat menjada mood baik seseorang.


Jadi, tunggu apa lagi? Ambil sepatu dan ajak orang yang paling Anda cintai untuk sehat bersama.
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Kalo olah raganya pagi bagus ga bal? takutnya kecapean dan ngantuk untuk menjalani hari... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru pagi yang paling bagus, sebelum jam 10. Jam segitu udara masih segar, matahari tidak terlalu panas, tapi tetap baik untuk mendapatkan vitamin D. Kalau intensitas dan durasinya tepat, tidak akan membuat terlalu capek, malah bikin kita lebih segar dan semangat dalam menjalani hari.

      Delete