Friday, May 1

Saatnya Lebih Hebat di Dapur -Bread Pudding-

Banyak yang mengatakan bahwa pria yang hebat di dapur terlihat lebih seksi di mata wanita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sedikit menguasasi keterampilan memasak. Dalam serial Cooking101 ini, akan dibahas beberapa hal tentang memasak, yang akan membuat Anda siap kapan saja diminta untuk memasak. Di sisi lain, keterampilan memasak tidak hanya dapat membuat Anda terlihat seksi. Lebih dari itu, dengan memasak makanan sendiri, Anda tentunya dapat memastikan kandungan gizi dan proses memasak yang baik untuk Anda dan orang yang Anda cintai.

Aturan pertama, kuasai paling tidak satu resep makanan untuk tiap waktu makan tertentu. Kuasai satu resep untuk sarapan, satu resep makan siang, dan satu resep makan malam. Dengan begitu, sudah dipastikan Anda siap kapanpun diminta untuk masuk ke dapur. Jika sudah menguasai semuanya, Anda bisa menambah kemampuan Anda untuk satu resep makanan pembuka atau penutup dan satu resep minuman.

"Aturan pertama, kuasai paling tidak satu resep makanan untuk tiap waktu makan tertentu."

Aturan kedua, jangan kuasai cara membuatnya saja. Pelajari juga pengetahuan umum tentang makanan yang Anda buat. Cari tahu asal muasal, tradisi, variasi di berbagai negara, kandungan gizi, dan hal menarik lain tentang menu tersebut. Pengetahuan itu dapat menjadi bahan pembicaraan saat sedang menyantap makanan bersama. Pria dengan wawasan yang luas tentunya akan lebih dikagumi dan beberapa paragraf dari Wikipedia cukup membuat Anda terlihat lebih cerdas.

"Pria dengan wawasan yang luas tentunya akan lebih dikagumi dan beberapa paragraf dari Wikipedia cukup membuat Anda terlihat lebih cerdas."

Sebagai langkah awal, akan saya mulai dengan sarapan. Pentingnya makan di pagi hari dapat Anda baca di artikel “Kenapa Anda tidak boleh Meninggalkan Sarapan?”. Untuk sarapan, saya cukup sering membuat bread pudding. Resep dari euginiekitchen.com ini  cukup mudah diikuti dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Jika Anda masih takut untuk menyalakan kompor, jangan khawatir karena Anda tidak perlu kompor sama sekali.

Apa itu bread pudding?
Bread pudding adalah menu hidangan penutup berbahan dasar roti, dengan susu dan telur yang kemudian dipanggang. Biasanya ditambahkan topping buah-buah kering, bahkan keju atau daging olahan. Di negara-negara Eropa, bread pudding klasik ditaburkan dengan gula palm, bubuk kayu manis, dan kismis atau apel. Sementara di Amerika dan Kanada, sirup maple lebih populer sebagai siraman dan di Asia biasanya ditambahkan pisang atau saus custard sebagai topping.


Alat dan bahan (untuk 1 porsi):
1 lembar roti
1 buah telur ayam
1/3 cangkir susu, gunakan susu tanpa pemanis
30 gram dark chocolate
2 sdm gula pasir (gula bubuk)
Mentega/margarin
Bubuk kayu manis
Cangkir atau mug tahan panas
Oven atau microwave






Cara membuat:
1. Oleskan mentega atau margarin pada selembar roti. Pilih mentega untuk hasil yang lebih nikmat, tapi lebih berlemak.

2. Potong roti menjadi kotak kotak kecil dan masukkan ke dalam cangkir. Gunakan cangkir yang tidak terlalu tinggi agar lebih cepat matang.

3. Potong dark chocolate menjadi potongan-potongan yang kecil dan masukkan ke dalam cangkir. Potongan yang besar akan membuat coklat lebih lama meleleh.

4. Pecahkan 1 telur ke sebuah wadah dan tambahkan 2 sdm gula. Kocok sampai gula larut. Kemudian tambahkan 1/3 cangkir susu. Campur hingga merata dan tuangkan ke dalam cangkir. Jangan mengisi cangkir hingga penuh karena bread pudding akan sangat mengembang saat dipanggang.

5. Sedikit tekan-tekan campurkan di dalam cangkir dan taburkan bubuk kayu manis secukupnya.

6. Panggang di oven dengan suhu antara 175-200o C selama 10-20 menit atau lebih cepat jika menggunakan microwave.

7. Bread pudding yang matang ditandai dengan adonan yang sangat mengembang seperti ingin melompat keluar dari cangkir. Untuk memastikan kematangan bagian dalamnya, tusuk denga garpu atau pisau.

8. Hidangkan dengan saus coklat atau taburan kismis.


Walaupun aslinya bread pudding adalah hidangan penutup, total kalori dan kandungan gizi lainnya juga cukup cocok jika dikonsumsi sebagai menu sarapan. Tambahkan kacang-kacangan dan minum segelas susu jika ingin kalori tambahan, atau kurangi mentega dan coklat untuk mengurangi kalorinya. Anda juga bisa menambahkan pisang yang sangat baik dikonsumsi saat sarapan karena pisang dapat meningkatkan konsentrasi. Kandungan gizi selengkapnya dapat dilihat pada gambar.

Selamat memasak!




No comments:

Post a Comment