Monday, June 8

Kenapa Anda Harus Mencuci Tangan?


Penyakit akibat infeksi sudah sering mewabah sejak dahulu kala. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari bakteri, virus, jamur, sampai parasit. Diare, batuk, pilek, cacar, dan masih banyak penyakit lain adalah beberapa contoh penyakit akibat infeksi yang paling sering terjadi dan mungkin pernah Anda alami. Walaupun banyak diantaranya bukan merupakan penyakit yang mematikan, seringnya kejadian dan jumlah penderitanya yang sangat tinggi membuat penyakit infeksi menjadi masalah yang cukup memberatkan, terutama untuk biaya pengobatan. Namun, sebenarnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran penyakit akibat infeksi.

Cara pencegahan penyakit infeksi yang paling mudah dan terbukti efektif adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Saat Anda melihat telapak tangan, mungkin Anda merasa telapak tangan itu bersih. Namun, secara mikroskopis telapak tangan merupakan salah bagian tubuh yang paling banyak menyimpan kuman penyebab infeksi.

"Namun, secara mikroskopis telapak tangan merupakan salah bagian tubuh yang paling banyak menyimpan kuman penyebab infeksi."

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak berhubungan dengan dunia luar. Bayangkan berapa banyak bakteri yang menempel pada tangan setelah Anda memegang uang, telepon selular, mesin ATM, atau fasilitas umum lainnya. Bahkan saat Anda menyentuh wajah Anda sendiri, sudah banyak kuman dari wajah berpindah ke telapak tangan Anda. Bayangkan pula berapa benyak kuman yang berpindah setelah Anda berjabat tangan dengan orang lain setiap hari. Banyak sumber menyebutkan bahwa tidak kurang dari 80% penyakit ditularkan lewat sentuhan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan merupakan hal yang penting.

Kapan seharusnya Anda mencuci tangan?


Bagaimana cara mencuci tangan yang tepat?

Ada dua metode mencuci tangan. Metode pertama metode konvensional dengan menggunakan air dan sabun. Cara kedua adalah metode yang belakangan ini populer, yaitu dengan menggunakan cairan pembersih (alkohol atau hand sanitizer) tanpa menggunakan air. Metode ini biasa juga disebut handrub. Mencuci tangan dengan air dan sabun adalah metode terbaik untuk membersihkan tangan, tapi membutuhkan waktu yang lebih lama. Alkohol atau hand sanitizer dapat Anda gunakan saat tidak terlihat kotoran di tangan. Jika terdapat kotoran yang terlihat pada telapak tangan, itu saatnya Anda menggunakan air dan sabun.

Klik untuk memperbesar gambar.
Cara mencuci tangan baik dengan air dan sabun maupun dengan alkohol atau hand sanitizer (handrub) dapat dilihat di gambar.

Walaupun sederhana dan mudah dilakukan, ternyata masih sering pula terjadi kesalahan dalam mencuci tangan yang membuat cuci tangan menjadi kurang efektif membunuh kuman. Salah satu yang paling sering adalah penggunaan air. Gunakanlah air yang mengalir. Jangan pernah celupkan tangan Anda yang belum dibersihkan ke dalam air dalam penampungan air. Itu akan membuat air tersebut menjadi kotor. Kesalahan lain adalah penggunaan handuk. Gunakanlah tisu atau handuk sekali pakai untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan. Jika tidak bisa, paling tidak cuci handuk atau sapu tangan Anda setiap hari dan jangan berbagi dengan orang lain. Penggunaan sabun batangan juga justru dapat menjadi sumber bakteri. Sabun cair adalah pilihan terbaik.



"Gunakanlah air yang mengalir. Jangan pernah celupkan tangan Anda yang belum dibersihkan ke dalam air dalam penampungan air. Itu akan membuat air tersebut menjadi kotor."











Penyakit apa saja yang dapat dihindari dengan tangan yang bersih?

Mencuci tangan menjadi cara terbaik dalam pencegahan penyakit yang menular lewat makanan seperti diare. Selain itu, infeksi pernapasan yang menular lewat batuk dan bersin juga terbukti dapat dicegah dengan menjaga kebersihan tangan. Bagi pekerja di dunia kesehatan atau dunia lain yang banyak dalam pekerjaannya melibatkan kontak dengan orang lain, mencuci tangan merupakan hal yang sangat oenting agar tidak tertular atau menularkan penyakit, baik penyakit dari diri sendiri maupun orang lain atau rekan kerjanya.


Suatu penelitian bahkan telah membuktikan bahwa menjaga kebersihan tangan dapat menurunkan risiko penularan penyakit infeksi hingga 50%. Jadi, sudah terjawab bukan, kenapa Anda harus mencuci tangan?

No comments:

Post a Comment